Senin, 04 Mei 2009

Permainan Dalam Pembelajaran Matematika

Menghitung Keliling Lingkaran dengan Menggunakan Sebuah Puataran Gelas.

Fungsi Permainan

Kegiatan mencari keliling lingkaran dengan menggunakan satu putaran pada bidang datar merupakan penerapan dari rumus keliling llingkaran yaitu : π dikalikan diameter lingkaran. Hal ini ditujukan agar anak lebih mengerti tentang cara menghitung lingkaran dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Alat Permainan

Seperangkat alat berupa gelas dengan ukuran bebas atau lebih baik jika ukuran diameter gelas dapat dihitung bulat dengan menggunakan rumus π x d. Benang dan penggaris ( dalam ukuran cm ). Kertas karton atau papan.

Cara Permainan

Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan sebuah perangkat alat permainan. Apabila alat yang akan diputar (gelas) memiliki diameter yang bukan kelipatan 3,5 atau 7, maka guru dapat menganjurkan siswa untuk menggunakan bilangan 3,14 dalam rumus menghitung keliling lingkaran.

Untuk kegiatan awal permainan, guru meminta siswa untuk memberikan tanda dengan menggunkaan spidol atau alat yang dapat digunakan untuk memberikan titik awal putaran pada gelas. Setelah diberikan tanda, maka gelas diletakan pada alas dari karton yang telah disediakan dan buatlah tanda yang sama pada karton. Letakan titik penanda pada gelas pada titik penanda yang berada pada alas karton. Kemudian gelas diputar 1 kali putaran hingga titik pada gelas tersebut kembali berada tepat pada alas karton. Titik akhir putaran dari gelas kemudian diberi tanda oleh siswa. Setelah itu, siswa diminta untuk menghitung jarak atau panjang antara titik yang satu dengan titik yang lain dan hasil pengukuran tersebut kemudian dicatat

Setelah siswa mencatat hasil dari jarak satu putaran gelas, siswa diminta untuk menghitung diameter gelas. Hasil dari pencarian diameter gelas kemudian diterapkan dalam rumus yang telah diberikan oleh guru. Hasil penghitungan rumus kemudian dibandingkan dengan hasil dari jarak putaran gelas tersebut.

Pembandingan tersebut dimaksudkan agar siswa lebih memahami tentang perhitungan lingkaran dan siswa menjadi mudah dalam mengingat rumus lingkaran dan contoh-contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

1 komentar:

Ayat-Ayat Tentang Riba

Assalamu'alaikum.. Alladzina yaa kuluunarribaa laa yaquumuuna illaa kamaa yaquumulladzii yatakhobbathuhusyayaithoonu minalmassi, dzaal...